Terimakasih sudah berkunjung. Blog ini berisi segala sesuatu yang berhubungan dengan saya. Tentang hal-hal apapun yang saya suka, hal yang membuat saya berkarya, hal yang menginspirasi saya, hal yang membuat saya tertawa, yang mungkin juga bisa membuat anda merasakan hal yang sama.

@cogase @cogase

Rabu, 01 September 2010

♥ Welcome September ♥


Selamat datang bulan september. Bulan yang menurut orang bulan yang paling ceria, kek tagline dimana mana: "September Ceria". Mungkin karena jaman dulu lagu September Ceria yang di nyanyiin mama Vina Panduwinata keluar, jadi bulan ini identik dengan yang ceria ceria. Jadi apapun yang terjadi dalam idup kita, tetep semangat, dan usahakan jangan mengeluh (nyindir diri sendiri :P).

Well jika kita lihat kalender bulan September 2010, hanya ada 2 hari libur, yap pas lebaran tanggal 10-11 September. Jadi buat saya dan kalian smua yang sedang menjalankan kewajiban puasa, cuman ngingetin Lebaran tinggal sebentar lagi. Persiapkanlah segala hal yang kalian anggap perlu untuk lebaran nanti. Siapin juga mental buat maapin segala macem orang yang pernah nyakitin, bikin salah, etc. Tuhan aja memaafkan, jadi kenapa kita ngga.

Sedikit menengok ke belakang mengenai bulan september, banyak sekali hal hal yang menjadi sejarah pada tanggal tanggal dibulan september ini. Sejarah yang saya maksud disini termasuk sejarah pribadi kalian masing masing. Sejarah tidak hanya melulu mengenai Negara, penemuan, atau hal yang berpengaruh di dunia, tapi juga hal yang berpengaruh terhadap kehidupan kita. Oleh karena itu saya (cogase) sedikit mencari-cari di google mengenai hal hal yang menjadi sejarah dunia dan kalender pada handphone saya (lol) pada bulan ini. Dan berikut adalah beberapa tanggal yang menjadi sejarah atau ngga dalam bulan ini, yang menurut saya gokil, lucu dan sebenarnya gak semuanya terlalu perlu kalian hafal, tapi layak untuk kalian ketahui, he he:

01 September on 1988 - Ultah Eka a.k.a ChaChaMaricha
Ha ha, yang satu ini cuman buat menuh menuhin tanggal aja, abis tanggal 1 september ga ada hal yang menarik kecuali ultah temen saya. he he ( jangan cengar cengir kalo baca, he he). Happy Bday and keep on Blogging. Just Friend Symbolist from me :D
" Cha Cha Maricha He He a.k.a Eka "

02 September on 1969 - Mesin ATM Pertama
adalah pertama kalinya mesin ATM di perkenalkan di America untuk kebutuhan bisnis. ATM yang merupakan singkatan dari American's Teller Machine atau yang dalam bahasa indonesia merupakan singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri sebenarnya sudah dibuat konsep/prototipenya pada tahun 1968, namun baru pada 1969 ATM mulai di perkenalkan kepada dunia luar. ATM sendiri ditemukan oleh Wetzel, seorang Vice President of Product Planing yang bekerja pada perusahaan Ducatel. Kemudian Ducatel membeli mesin ATM tersebut dan mematenkannya pada tahun 1973.
"Mesin ATM Pertama"

Mesin ATM pertama kali di pasang pada Chemical Bank di Rockvile Center, New York. Sampai sekarang perkembangan ATM masih terus dilakukan. Saat ini ada lebih dari 1 juta ATM di seluruh dunia, dengan yang baru ditambahkan kira-kira setiap lima menit. Diperkirakan bahwa lebih dari 170 orang Amerika di atas usia 18 tahun memiliki kartu ATM pada tahun 2005 dan menggunakannya enam hingga delapan kali sebulan. Tidak mengherankan, ATM mendapatkan latihan mereka tersibuk pada hari Jumat. Dengan ATM, banyak seluruh masyarakat dunia mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi bisnis khususnya melalui bank.

04 September on 1886 - Menyerahnya Pemimpin Apache, Geronimo
Kepala suku Apache, Geronimo, akhirnya menyerah terhadap tentara Amerika. Selama 30 tahun, prajurit Amerika asli ini telah berjuang untuk melindungi tanah leluhurnya (sukunya), namun pada tahun 1886, suku asli Apache telah habis dan akhirnya menyerah. Jenderal Nelson Miles menerima kekalahan Geronimo, dan membuatnya menjadi prajurit Indian Asli yang menyerah pada tentara Amerika. Hal ini menandai akhir dari Perang Indian di barat daya Amerika. Sebagai info tambahan bahwa Geronimo melakukan penyerangan karena tanah leluhur mereka mulai di rebut oleh pemerintah amerika.

05 September on 1972 - Atlet Israel Tewas pada saat Olimpiade Munich
Pada Olimpiade di Munich, Jerman, sekelompok teroris Palestina menyerang apartemen atlet Israel, menewaskan dua dan mengambil sembilan sandera lainnya. Para teroris, yang dikenal sebagai Black September, menuntut agar Israel membebaskan lebih dari 230 tahanan Arab yang ditahan di penjara-penjara Israel dan dua teroris Jerman. Dalam pengumuman berikutnya di bandara Munich, sembilan sandera Israel terbunuh bersama dengan lima teroris dan seorang polisi Jerman Barat. Olimpiade kompetisi ditunda selama 24 jam untuk terus upacara peringatan untuk para atlet dibunuh.
Dalam setelah pembunuhan di Olimpiade '72, pemerintah Israel, dipimpin oleh Golda Meir, menyewa sekelompok agen Mossad untuk melacak dan membunuh pembunuh Black September. Pada tahun 2005, Steven Spielberg membuat film, Munich, tentang peristiwa-peristiwa tersebut.

06 September on 1915 - Tank Pertama dibuat
Tahun 1915, sebuah prototipe tank yang diberi nama Little Willie dibuat di Inggris. Little Willie memang jauh dari sempurna. Beratnya 14 ton, terjebak dalam parit dan jika berjalan dalam medan kasar di hanya dapat menempuh dua mil per jam. Namun, perbaikan dilakukan terhadap prototipe asli dan akhirnya mengubahnya Tank Militer di medan perang.
Tank cepat menjadi senjata militer penting. Selama Perang Dunia II, mereka memainkan peran penting di berbagai medan perang. Baru-baru ini, telah tank penting untuk pertempuran gurun selama konflik di Teluk Persia. Disamping adalah gambar Little Willie saat pertama kali di jalankan di inggris.

07 September on 1813 - Julukan "Paman Sam"
Amerika Serikat mendapat julukan negaranya, yaitu Paman Sam. Paman Sam adalah sebuah istilah yang diciptakan di AS pada masa perang pada tahun 1812 untuk melambangkan Amerika Serikat. Nama istilah ini berasal dari nama seorang penyuplai daging bernama Samuel Wilson yang menyediakan daging-daging kepada para tentara dalam tong-tong bertuliskan "U.S." (singkatan dari United States: Amerika Serikat; namun oleh para tentara dijadikan singkatan dari Uncle Sam: Paman Sam).
"Paman Sam"

10 September on 1897 - Orang Pertama Yang di tangkap gara-gara Mabuk Saat Mengemudi
Di London seorang sopir taksi bernama George Smith yang berumur 25 tahun menjadi orang pertama yang pernah ditangkap karena mengemudi dalam keadaan mabuk setelah membanting taksi ke dalam gedung. Smith kemudian mengaku bersalah dan didenda 25 shilling.

11 September on 2001 - Serangan di WTC
Serangan di World Trade Center (WTC) adalah empat serangan terorisme yang terjadi pada tanggal 11 September 2001 atau biasanya dikenal Peristiwa 9/11. Mereka mengambil empat pesawat dan menabrakkan ketiganya ke bangunan di Amerika Serikat. Sebenarnya targetnya ada empat bangunan, namun pada kasus terakhir, para teroris gagal. Sekitar 3.000 orang tewas dalam serangan terorisme ini.


13 September on 1988 - Ultah Ari AIC "Unexposess Crew"
Dan tanggal 13 adalah ultah temen satu gank saya Ari Widiantoko yang super gendud, dan gede. Bayangin, udah gendud, gede pula, ck ck ck. Well kenapa saya beri tittle Unexposes Crew, itu karena dia yang paling tidak sering di expos. Yah kebetulan setelah lulus SMA dia di deportase ke Lampung (Saya sangat yakin dia mengikuti pelatihan Gajah di Waykambas) dan kuliah disana. Apapun kegiatanmu disana sobat, we'll miss u, terutama perutmu. He he. Kebiasaan soalnya ngelus elus perutnya. Happy Birthday and Happy Idul Fitri, ho ho.

16 September on 1932 - Gandhi mulai puasa sebagai protes pemisahan kasta
Di selnya di Penjara Yerovda dekat Bombay, Mohandas Karamchand Gandhi mulai mogok makan sebagai protes keputusan pemerintah Inggris untuk memisahkan sistem pemilu India dengan kasta. Karena India perlahan-lahan bergerak ke arah kemerdekaan, pengaruh Gandhi semakin tumbuh. Dia terus melanjutkan perlawanan dengan mogok makan sebagai metode perlawanan, mengetahui pemerintah Inggris tidak akan mampu menahan tekanan perhatian publik untuk orang yang mereka panggil Mahatma, atau "Great Soul." Pada tanggal 12 Januari 1948, Gandhi melakukan cepat sukses terakhir di New Delhi, untuk membujuk orang Hindu dan Muslim di kota itu untuk bekerja menuju perdamaian. Pada tanggal 30 Januari kurang dari dua minggu setelah berbuka puasa itu, ia dibunuh oleh seorang ekstremis Hindu dalam perjalanan ke pertemuan doa malam.

19 September on 1957 - Nevada merupakan lokasi ledakan pertama kalinya nuklir bawah tanah
Amerika Serikat meledakkan senjata nuklir 1,7 kilo ton di sebuah terowongan bawah tanah di Nevada Test Site (NTS), sebuah pusat penelitian 1.375 mil persegi terletak 65 mil sebelah utara Las Vegas. Tes yang dikenal sebagai Rainier, adalah ledakan penuh pertama ang dilakukan di bawah tanah dan tidak menghasilkan dampak radioaktif. Rainier adalah bagian dari seri 29 senjata nuklir dan senjata nuklir tes keselamatan dikenal sebagai Plumbbob Operasi yang dilakukan di NTS antara 28 Mei 1957, dan 7 Oktober, 1957.


20 September on 1952 - Pertama kalinya Ilmuwan menegaskan bahwa DNA menyimpan data keturunan.
Dr. James Watson peraih hadiah Nobel setahun setelah pernyataannya dikeluarkan atas penemuan struktur DNA menerima hasil tes DNA-nya sendiri. Ilmuan ini tercatat sebagai orang pertama yang mememiliki peta genom DNA tubuhnya sendiri. Watson mendapat kehormatan dari Sekolah Kedokteran Baylor dan 454 Life Science Corp selaku pemerkasa proyek peta genom manusia.

24 September on 1956 - Telepon sistem kabel transatlantik pertama mulai beroperasi
Kabel telepon transatlantik pertama dianggap sebagai prestasi teknologi yang besar, paling tidak sebagai dasar untuk penelitian masa depan dan perbaikan, perkembangan yang menyebabkan proyek trans canggih TAT8 dan TAT9 melibatkan penggunaan kabel serat optik dan teknologi digital.

25 September on 1974 - Penggunaan Semprotan Aerosol menyebabkan penipisan lapisan Ozon
Para ilmuwan memperingatkan bahwa dengan terus menggunakan semprotan aerosol akan menyebabkan penipisan lapisan ozon, yang akan menyebabkan peningkatan risiko kanker kulit dan perubahan cuaca global.


27 September on 2005 - Cogase Memorial Day
Yang jelas ini pengalaman pribadi saya. Walaupun udah ga bareng lagi tapi ini merupakan hari jadian pertama saya berdasarkan cinta (maap ya yang sebelomnya berarti saya ga pake cinta, cuma nafsu ama iseng aja. Menyakitkan buat yang denger, tapi inilah kejujuran, tapi setelah 2005 saya janji akan selalu menggunakan cinta dalam sebuah hubungan). Walaupun sekarang kita berdua sudah ga ada apa apa, dan perasaan saya sudah bener2 beralih kepada cewe lain, tapi "kamu" tetep jadi orang berjasa saya. Tq 4 everything

28 September on 1959 - Explorer VI, satelit AS, mengambil gambar video pertama dari bumi.
Inilah pertama kali video bumi di dokumentasikan oleh Satelit Amerika Explorer 6. Sedangkan Satelit Explorer 1 menjadi satelit Amerika pertama pada tanggal 31 januari 1958.
"Satelit Explorer VI"


30 September on 1947 - Kejuaraan Dunia (World Series) pertama kali di tayangkan di TV
Baseball World Series, yaitu kejuaraan dunia pada bulan Oktober tahunan antara juara Nasional dan Liga Amerika, tayang perdana di televisi untuk pertama kalinya sejak 60 tahun yang lalu pada tahun 1947.
"First World Series Telivisied"

Dan itu tadilah beberapa tanggal yang menurut saya "perlu" saya sampaikan. Seperti yang saya katakan tadi di atas bahwa ini adalah sejarah untuk kita, baik pribadi maupun umum. Semoga bermanfaat.