Terimakasih sudah berkunjung. Blog ini berisi segala sesuatu yang berhubungan dengan saya. Tentang hal-hal apapun yang saya suka, hal yang membuat saya berkarya, hal yang menginspirasi saya, hal yang membuat saya tertawa, yang mungkin juga bisa membuat anda merasakan hal yang sama.

@cogase @cogase

Rabu, 03 Juni 2015

SSH Menggunakan Port Berbeda

Assalamualaikum....

*ketok pintu blogger*

Ternyata pintunya masih tertutup rapat. Ah aman, itu tandanya blog gue sama seperti terakhir gue login.
Iya, terkunci rapat selama 3 tahun. Haha.

Banyak banget yang terjadi dalam 3 tahun belakangan ini. Mulai dari karier, cinta, keuangan (kek zodiak ye), bahkan sampai hal-hal yang baru pertama kali gue coba. Cuma karena komitmen gue di blog ini hanya share yang berhubungan dengan ilmu/project, jadi gue gak bakal share selain itu disini. Kenapa baru sekarang? Mendadak aja sih keinget, dan lagi selo di kantor :p

Oke,

SSH menurut hemat gue, adalah sebuah protokol aman yang berguna untuk membantu kita meremote antar jaringan kepada suatu perangkat dengan basic antar muka terminal.
Karena gue kerja di ISP, ssh & telnet mungkin adalah kebutuhan wajib. Dulu sewaktu gue masih pakai windows, telnet bisa langsung via CMD (Command Prompt). Sedangkan SSH bisa menggunakan aplikasi bantu seperti Putty. Well, telnet juga bisa pake putty sih. Terserah mau pake yang mana. But anyway, beda cerita karena gue udah gak pake windows lagi. Gue pake mekbuk.

Jadi cari taulah gue waktu awal-awal pake mekbuk. Karena OS X berbasic linux, jadi remote-remote-an di atas bisa langsung dari terminal. Ada banyak sih aplikasi bantu semacam putty yang geratis atau pun download haram. Tapi karena gue pengen cari yg enteng dan memanfaatkan apa yg ada, jadi pakai terminal aja. Makanya sekarang gue mau cerita dikit nih tentang ssh di mekbuk, khususnya yg pake port. Jadi ceritanya waktu itu gue udah lancar tuh ssh & telnet, tapi port masih default, 22 & 23, Sedangkan perangkat server di kerjaan kan port-nya udah di ubah-ubah tuh. Awalnya gue juga masih nggak ngerti klo mau cari tau syntax apa aja di terminal, tinggal tambahin --help aja di sebelahnya. Misal ssh, jadi ssh --help. Keluar deh itu semuanya. Tapi maklum ya om, masih belom ngerti yang begituan. Ilmu linux gue masih minus. Dan Setelah ubek-ubek di internet, ketemu lah. Begini perintahnya:

ssh -p 100 yosi@cogase.web.id

yang artinya port 100 dengan user yosi untuk host cogase.web.id. Gitu doang sih, tapi cukup bikin gue bete. Haha. Ya mungkin di luar sana ada pengguna mekbuk baru yang masih belum paham linux dan belum tau caranya. Jadi misal kalian udah paham linux, dan biasa dengan syntax linux, harusnya gak kesulitan dengan perintah di Mac, karena basic OSX itu linux. Semoga perintah kampret nan singkat ini bisa membantu pekerjaan teman-teman. Bye.