Terimakasih sudah berkunjung. Blog ini berisi segala sesuatu yang berhubungan dengan saya. Tentang hal-hal apapun yang saya suka, hal yang membuat saya berkarya, hal yang menginspirasi saya, hal yang membuat saya tertawa, yang mungkin juga bisa membuat anda merasakan hal yang sama.

@cogase @cogase

Rabu, 13 Oktober 2010

My Experience Rp 25.000,- for 500 MB from Three

Sulit dipercaya tapi nyata….., internet unlimited three cuma 25rb/bulan !!
Bukan bermaksud promosi ato gimana, tapi ini berdasarkan apa yang sudah saya coba. Jadi singkatnya, ini pengalaman saya. Iklan internetan three dengan kuota 500MB, 1GB, 2GB, dan 5GB pertama kali waktu saya lagi belanja di Toko Murah di daerah Tembalang, Semarang. Disitu disebutkan bahwa penggunaannya mudah, murah, dan tentunya dengan akses internet yang cepat dan stabil. Tapi minus dari brosur tersebut adalah tidak adanya harga yang dicantumkan. Jadi keingintahuan saya hanya sebatas "oh....murah, emang smua bilang murah kan". Lalu kemarin dulu ketika saya mencari review tentang Nokia C3 dan E63, saya menemukan sebuah blog. Pemilik blog tersebut adalah Adit38, yang saya juga belum tau sebelumnya. Ternyata blog tersebut banyak mengulas mengenai handphone dan teman2nya. Kemudian ada sebuah artikel menarik yang berjudul: "Internet Unlimited Three Turun Harga | Internet Unlimited Termurah Hanya 25rb/bulan?". Dan saya ingat akan brosur yang saya baca di Toko Murah. Tentunya saya tertarik dan pengen nyoba dirumah. Tapi baru tadi pagi saya baru sempat mencobanya. Dan hasilnya, "Wow, nice". Ini bisa menjadi option lain dalam ber-internet-an di rumah. Pada brosur tadi dijelaskan itu perdana untuk berinternetan. Tapi dalam artikel yang ditulis di atas tadi disebutkan bahwa kartu tri apa saja bisa dipakai untuk menikmati layanan ini. Jadi nggak perlu repot musti nyari kartu khusus buat internetan. Untuk kalian yang hanya mempunyai peralatan dan dana yang terbatas seperti saya, mungkin Paket internetan dari three ini bisa menjadi pilihan lain dalam berinternetan.
Berikut adalah cara mendaftar paket interetan dari three:
Saat kuota kalian habis kalian masih bisa berinternetan tanpa terpotong pulsanya dengan penurunan kecepatan menjadi 64 Kbps. Dan untuk mengembalikan kecepatan menjadi normal, tentu dengan 25rb lagi, kalian bisa menggunakan cara:
dan berikut adalah kecepatan yang dapat kalian terima:

Langkah-langkah berinternetan menggunakan paket 500MB dari three versi saya adalah:
1. Pastikan kalian punya duid minimal 30rb.
2. Pastikan kalian sudah terbiasa berinternetan di rumah menggunakan HP sebagai modem, atau Modem lain yang sekarang sudah banyak di jual di pasaran.
3. Beli kartu three apa aja yang ada pulsanya atau ngga ada pulsanya juga boleh (tapi kalo bisa yang ada pulsanya).
4. Isi pulsa three tadi dengan pulsa 20rb dan 10rb.
5. Tekan *234# dari ponsel anda, lalu pilih option yang pertama, lalu pilih yang 500MB, atau kirim SMS ke 234 dengan format MAU(spasi)500MB (gratis cing sms ke nomer 234, nyante aja)
6. Lalu tunggu sms balasan dari three, dan kartu siap digunakan.
7. Buat koneksi Dial Up baru dari PC kalian, dan beri setting APN, User, dan Password menjadi 3data.
8. Yup..!!! selesai, kalian bisa berinternetan menggunakan three.

Sebagai catatan saja, kenapa saya musti punya duid minimal 30rb. Karena, kuota 500MB yang seharga 25rb, itu belum termasuk PPN, jadi kalau pulsa kalian pas 25rb, maka akan ada balasan dari three bahwa pulsa anda tidak mencukupi, silahkan bla..bla..bla. Saya menganggap bahwa kalian sudah memahami tentang cara koneksi dial up, setting handphone menjadi modem, atau menggunakan modem seperti biasa, sampai pengaturan APN, User dan Password. Karena panjang jika saya harus jelasin satu persatu (belom sempat). Oiya, kalau kalian ingin mengecek sisa kuota, kalian bisa mengirim sms dengan mengetikkan: INFO(spasi)DATA dan dikirim ke nomer 234 (gratis). Sekali lagi saya ingatkan, 500MB buat saya sudah cukup jika digunakan untuk Facebook-an, Twitter-an, Plurk, Social Networking Lain, Blogging, dan browsing artikel. Jika kalian menggunakan internet untuk mendownload lagu, film, atau file apapun yang berukuran besar, saya tidak menyarankan untuk menggunakan ini. Karena ini Kuota dan bukan Durasi. Jadi banyaknya pemakaian berdasarkan apa yang anda buka dan bukannya berapa lama apa yang anda buka. Tapi bukan berarti apa yang anda buka tidak lama untuk membukanya.

Sedikit bercerita, biasanya saya menggunakan IM3 Durasi untuk berinternet di rumah. Menggunakan HP saya untuk dijadikan modem. Memang beda sih kecepatannya jika menggunakan modem khusus untuk berinternet, tapi seperti yang sudah saya bilang "lumayan lah".  Buat saya itu sudah cukup bagus dan irit kalo untuk Facebook-an, Blogging, Browsing artikel atau tutorial. Saya memang pengguna IM3 sejak dulu. Tidak pernah tertarik untuk ganti kartu lain, meskipun banyak sekali persaingan yang dilakukan para operator GSM di Indonesia. Meskipun jaringan M3 sering trouble, toh masih banyak pengguna M3. Rata-rata teman2 saya juga menggunakan IM3 dan pendapat mereka juga sama dengan saya; "meskipun sering trouble, tapi saya tetep pake IM3".Tapi sayang banyak tarif IM3 yang berubah sejak 1 Oktober 2010. Dan interetan menggunakan pulsa reguler sudah menjadi Rp 0,3. Lebih mahal dibanding tarif yang dulu (0,1). Yah, semoga dengan berubahnya tarif M3 kali ini, akan ada program berinternetan yang lebih gila dari three (mungkin).

Sekali lagi itu pendapat dan pengalaman saya. Jadi saya harap tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi kalian yang sering berinternetan di rumah menggunakan modem atau handphone dengan dana terbatas. Saya yakin sebenarnya masih banyak variasi dalam berinternetan di rumah. Banyak sekali yang menawarkan pertimbangan dalam tarif, kecepatan, maupun stabilitas. Tapi berhubung yang pernah saya coba baru IM3 Durasi dan 500MB dari three ini, jadi saya menulis tulisan mengenai ini. Mungkin nanti suatu saat jika ada tawaran berinternetan yang lebih murah dari ini, akan saya tulis. :D

Update November 2010 : Terhitung sejak tgl 22 November 2010, tarif internetan three 500MB sudah tidak lagi sama seperti yang tertera pada tabel diatas. Pemberitahuannya di berikan melalui sms yang isinya kurang lebih seperti ini:
"Pelanggan yth, efektif per tanggal 22 Nov 2010, harga layanan paket internet 500MB disesuaikan menjadi Rp. 29.000,- (excl ppn). Info Hub 200"
Well, sudah tidak lagi menjadi 25rb, tapi menjadi 29rb. Itupun belum termasuk pajak. Jadi ketika saya mencoba menelfon 200, jawaban dari CS-nya seperti ini: "jadi total pulsa yang harus ada pada saat bapak (bapakmu =_=") akan mulai mengaktifan paket adalah Rp. 31.900,- ". Yah, apa mau dikata. Bukannya turun tarifnya malah naek. Betapa lucunya Operator ini. ha ha

Update Mei 2012 : Well, gak terasa udah hampir dua tahun tulisan ini berjalan, respon dari kalian juga alhamdulilah bagus. Bukan karena gue ngerasa sukses jadi sales Tri atau gimana ya, tapi ngerasa ganteng aja. *abaikan* . Paket internet Tri terbaru untuk saat ini adalah sebagai berikut:
500 MB = Rp. 35.000,-
1 GB      = Rp. 50.000,-
2 GB      = Rp. 75.000,-
5 GB      = Rp. 125.000,-
Untuk kebijakan tiap jenis perdana kartu memang beda. Saya menggunakan perdana tri MU yang dulu, bukan Tri MU yg sekarang. Jadi klo saya beli segitu ya sudah dapetnya segitu aja. Klo MU yang sekarang atau perdana internet, dapet bonus 20% kuota setelah pengisian Rp. 10.000,-. Harga diatas sudah termasuk PPN. Sampe sekarang saya juga masih pakai Tri :D