Terimakasih sudah berkunjung. Blog ini berisi segala sesuatu yang berhubungan dengan saya. Tentang hal-hal apapun yang saya suka, hal yang membuat saya berkarya, hal yang menginspirasi saya, hal yang membuat saya tertawa, yang mungkin juga bisa membuat anda merasakan hal yang sama.

@cogase @cogase

Rabu, 02 Maret 2011

Cara Menghubungkan Foursquare Ke Facebook dan Twitter


Halo para ingus mania #noprotes, ngantuk bener nih mata dah mulai merem melek. Tapi malam ini saya ada sedikit misi, yaitu bikin tutorial cara menghubungkan Foursquare ke Facebook dan Twitter. Tadi sore salah seorang pembantu teman saya @pithydeb menanyakan cara diatas. Gak mungkin juga kan saya ngetik bejibun buat kasih tutorial singkat panjang ke dia, jadi saya ada inisiatif gila untuk membuat tutorial singkat ini. Telp? males ah nelpon pity, ha ha ┐(˘⌣˘┐) (┌˘⌣˘)┌   #justkid.

Anyway, sebelum mulai topik masalah, saya tidak akan menerangkan panjang lebar apa itu Foursquare dan apa kegunaannya dengan bahasa rumit. Jadi singkat aja ya tapi lucu.
Foursquare buat saya itu jejaring sosial yang berbasis pada lokasi. Sama kek Koprol di indonesia yang di besut (jiah ilah dibesut) oleh Yahoo!. Pada intinya jejaring sosial foursquare ini adalah Cek In. Maaf yang otaknya ngeres ke laut aja ya, ini cek in bukan pake tanda petik () (╯3╰). Jadi cek in ini istilah yg digunain buat seseorang yang sedang berada di suatu tempat, dan masuk kedalam venue yang terdaftar pada Foursquare. Kemudian yang menarik lagi dari Foursquare adalah adanya poin di setiap kita cek in di venue. Poinnya bermacam-macam, bisa 1, 3, 5, atau 10 tergantung berapa jauh jarak antar cek in sebelumnya dan berapakali kalian cek in di tempat tersebut. Semalam pas saya lagi di SS bareng ronggeng mesir a.k.a Flo #diaSendiriYangBilang menanyakan tentang hal ini di sela sela obrolan kami.
❝ Trus kalo poin-nya banyak bisa dapet duid ga? ❞, ucap ronggeng mesir tersebut tanpa dosa ε( •╰˛╯• )з
Jawabannya adalah Nggak. Yaiyalah, lu pikir MLM ngumpulin poin trus dapet duid ε(¬_¬')з . Jadi poin ini tu nantinya digunain buat persaingan antara kamu dan teman kamu di Foursquare. Ini nunjukin kalo kalian selama seminggu dirumah aja, atau jalan2 ketempat lain. Gak harus juga sih setiap kalian pergi harus cek in. Tergantung kamunya juga. Merasa perlu atau ngga. Sekali lagi ini cuma buat seru seruan. Tapi ga sedikit juga orang-orang yang asal cek in alias Fake Check In ke tempat di belahan dunia cuma buat nge-dapetin Badge (lencana). Jujur selama ini saya hanya cek in ke tempat yang memang saya datangi saat itu. Selain buat ngasih tau ke anak anak #AIC saya lagi ada dimana, ini bisa jadi simpanan memori jangka pendek saya mengenai tempat mana saja dan kapan saya datangi (maklum (つー) #PikunTingkatKecamatan). Sejauh ini aja, saya baru dapat 8 Badge standard. Yang paling special mungkin Badge Tahun Baru 2011. Selain itu biasa... basic ε('╭╮')з .  Sebenernya juga ga salah sih menghalalkan segala cara untuk mengumpulkan badge, toh namanya juga buat seru seruan. Pokoknya tergantung sliramu #halahSliramu.

Masuk ke topik. Saya anggap disini kalian sudah mempunyai account di Foursquare, kalo belom daftar dulu disini. Berikut adalah langkah-langkahnya
  1. Buka http://www.foursquare.com
  2. Login seperti biasa
  3. Pilih menu Setting di pojok kiri sebelah Logout
  4. Scroll kebawah sampe nemuin Linked Account
  5. Nah disitu ada logo Twitter dan Facebook.
  6. Pertama klik Link to your Twitter Account
  7. Lalu pada halaman yang muncul, klik tombol Sign in with Twitter
  8. Maka akan muncul halaman Login Twitter
  9. Lalu masukkan username dan pass twitter kamu, Klik Allow.
  10. Jika berhasil maka akan muncul gambar seperti ini
  11. Buka kembali ke halaman Setting tadi.
  12. Pilih Link to your Facebook Account
  13. Lalu setelah muncul halaman berikutnya, klik tombol Login with Facebook
  14. Dan akan muncul pop up window baru, kemudian masukkan user dan pass facebook kamu, klik login.
  15. Otomatis Pop up window tadi akan hilang dan jika berhasil maka akan muncul seperti gambar ini.
  16. Coba lakukan cek in dan jangan lupa shout di salah satu venue, dan lihat di akun Facebook serta Twitter kamu.
  17. Walla... this is it, connect your Foursquare account to Facebook and Twitter ala c09ase. #berasaFarahKing #berasaSexy #berasaAdaYangDongkol #berasaNgook ε=ε=┏(">_<)┛
Jika di akun Facebook atau twitter kalian terjadi trouble atau tidak tampil hasil cek in kamu, maka kalian bisa melakukan re-connect linked dengan cara mendiskonek-kan akun twitter dan facebook kalian, baru setelah itu di hubungkan lagi dengan cara diatas. Untuk cara mendiskonekkan, langkahnya sama seperti menkonekkan, tetapi hanya berbeda pada pilihan connect, melainkan menjadi disconnect.

Dan begitulah kisah cerita lutung kasarung berakhir. Si lutung akhirnya tau cara menghubungkan Foursquare mereka ke Facebook dan Twitter berkat jasa Prince Charming. Si Lutung bahagia, dunia aman dari waralaba #NGOOK, Prince Charming biasa aja dan pembaca mengernyit. Ha ha ha, koq jadi lutung kasarung ya. Well, jadi begitulah. Semoga berguna. Di copas di blog kamu boleh, asal mention link back ya. Yang masih bingung dan butuh bantuan, bisa comment dibawah. Jangan lupa add Foursquare saya lewat email saya cogase.njabrut@yahoo.com
Kamsahamnida \(ˆ▽ˆ)/