Terimakasih sudah berkunjung. Blog ini berisi segala sesuatu yang berhubungan dengan saya. Tentang hal-hal apapun yang saya suka, hal yang membuat saya berkarya, hal yang menginspirasi saya, hal yang membuat saya tertawa, yang mungkin juga bisa membuat anda merasakan hal yang sama.

@cogase @cogase

Kamis, 19 April 2012

At last, Instagram (for) Galaxy Young


Mungkin untuk beberapa pengguna android sudah bisa merasakan Instagram di device mereka. Akan tetapi sebagian pengguna android, khususnya Galaxy Young (seperti saya) belum bisa menggunakan aplikasi tersebut. Banyak crash yang terjadi ketika menggunakannya. Seperti muncul blank screen saat memfilter, atau cuma layar hitam saja saat mengupload. Sampai akhirnya, di hari kedua atau ketiga (saya lupa), pihak Instagram men-non-aktifkan GYoung sebagai device yang tidak support untuk menjalankan Instagram.

Sejauh yang saya tau, baik dari blog maupun dari forum-forum android, rata-rata pengguna GYoung agak kecewa akan hal ini. Lalu muncul pemberitahuan dari instagram bahwa mereka sedang melakukan investigasi akan crash yang terjadi, dan akan segera mencarikan solusinya. Banyak yang saya coba lakukan demi aplikasi ini bisa berjalan, mulai dari instal-unintall aplikasi, hapus file dan aplikasi lain yang tidak penting, sampai yang paling ekstrim adalah mereset ponsel sampai bersih.


Ada sedikit kesenjangan yang terjadi disini, antara pengguna GYoung GSM dan CDMA. Teman saya kebetulan menggunakan GYoung CDMA, dan anehnya, aplikasi ini berjalan lancar pada device tersebut. Padahal spesifikasi sama, terkecuali GSM dan CDMA saja. Kemudian saya pasrah.

#hening #heningsejam

Lalu hari ini, dimulai ketika saya iseng-iseng liat foto-foto orang yang saya follow di instagram, yang sampai akhirnya saya salah memformat hardisk PC yg berisi data penting (Pelajaran hari ini: Jangan instal pc sambil instagram-an :p ). Yah, karena cuma ini yang bisa saya lakukan, nonton doang tanpa bisa upload. Kemudian saya iseng-iseng buka Google Play dan mensearch 'Instagram'. Anehnya, tidak muncul lagi pemberitahuan 'Your device is not supported' lagi. Adrenalin saya mulai naik, ketika ada tulisan 'Upgrade' dan 'Uninstall'. Tanpa banyak basa-basi, langsung saya upgrade dan saya coba, hasilnya:

Yes, at last


Akhirnya bisa juga. Tapi...masih ada tapinya, seperti yang kita tau, ketika aplikasi baru saja diluncurkan untuk device tertentu, pasti masih terdapat crash yang terjadi. Untuk kali ini saya akan sedikit me-review Instagram for Gyoung ini.

  • Tampilan masih sama seperti sebelumnya
 
  • Menu Auto Brightness yang biasanya di tengah antara Frame dan Rotate dihilangkan. Entah ini karena masih dalam pengembangan atau pegimana saya juga tidak tahu.
  • Ada beberapa kendala ketika mengambil gambar dari galery, karena kadang ketika di upload, ada beberapa bagian (entah tengah atau bawah) menjadi hitam, tapi untuk gambar tertentu bisa. Saya juga belom paham kenapa. Sejauh ini saya baru memposting beberapa foto, dan gagal 2. Gagal yang saya maksud adalah adanya crash hitam tadi.
  • Share ke Twitter, Facebook, Foursquare dan Tumblr masih sama seperti sebelumnya, dan lancar.
 
  • Jumlah filter juga masih sama.
  • Pengaturan juga masih sama.
 

Overall, saya sih udah bersyukur. Yang penting udah bisa upload foto dari instagram, menggunakan filter earlybird favorit saya dan membagikannya ke semua teman :D

Jika ada update terbaru, nanti akan saya update. Jangan lupa follow @cogase ya, di twitter atau instagram.
Langsung download via Market atau Dropbox